Ingin Jadi Pilot? 3 Hal Ini Wajib Diperhatikan

Setelah mengenal lebih jauh tentang profesi pilot, sebagian besar orang banyak berkeingin agar bisa masuk sekolah penerbangan sehingga nantinya bisa bekerja sebagai pilot di airline. Menjadi pilot memang sangat membanggakan, karir di dunia penerbangan cukup terpandang dan gajinya pun menjanjikan terlebih setelah mengantongi lebih banyak jam terbang.

Cita-cita menjadi seorang pilot bukan tidak mungkin mampu diwujudkan meskipun calon cadet bukan lulusan IPA. Saat ini cukup banyak sekolah pilot khususnya swasta yang membuka penerimaan calon siswa pilot dengan jurusan IPS, SMK, dan sederajat. Di luar hal tersebut berbagai persyaratan masuk sekolah pilot lainnya pun juga harus terpenuhi agar dapat menjadi salah satu calon cadet yang diterima. Berbicara tentang sekolah pilot dan berniat ingin menekuninya, tiga hal di bawah ini wajib diperhatikan:

Menemukan sekolah yang tepat

Selain sekolah pilot negeri, di Indonesia juga cukup banyak sekolah penerbangan swasta yang membuka penerimaan calon-calon siswa pilot untuk dicetak dan menjadi seorang pilot yang profesional, berkualitas, dan kompeten. Dalam hal ini, memilih sekolah yang tepat merupakan satu hal penting yang wajib diperhatikan. Mengingat biaya sekolah pilot tidaklah murah, tentunya keterampilan yang diperoleh selama menjalani pendidikan juga tidak boleh mengecewakan.

Untuk menemukan sekolah yang tepat, pastikan kualitas sekolah mendukung untuk pendidikan dan pelatihan para cadet, misalnya dengan melakukan perbandingan antara sekolah penerbangan yang satu dengan lainnya. Memilih sekolah yang memiliki fasilitas lengkap tentu akan memberi kenyamanan bagi cadet dalam berlatih. Contohnya pesawat latih dan bandara pribadi yang memadai, sekolah pilot yang menyediakan kedua fasilitas tersebut jelas memiliki kemampuan yang unggul dalam mencetak para cadet pilot menjadi sang penerbang yang handal. Tidak hanya pesawat latih dan bandara pribadi, fasilitas lain juga dapat menjadi pertimbangan seperti asrama, gedung sekolah, simulator, dan lain sebagainya.

Memilih lisensi yang mendukung

Masuk sekolah pilot perlu mempertimbangkaan soal lisensi. Ada beberapa lisensi yang biasanya disediakan oleh sekolah penerbangan, di antaranya Private Pilot Licence, Commercial pilot license, Instrument Rating, dan Multi Engine Rating. Lisensi PPL adalah surat izin terbang yang digunakan pilot untuk pesawat kecil atau pribadi dan memiliki kapasitas kurang dari 30 orang, sedangkan lisensi CPL adalah izin penerbangan untuk pesawat komersial begitupun juga IR. Namun bedanya dengan lisensi IR adalah pilot sudah memiliki izin untuk melakukan penerbangan di malam hari atau dalam kondisi cuaca yang gelap karena dari jam terbang yang diperoleh lebih tinggi daripada CPL.

Sementara MER ialah surat izin penerbangan untuk pesawat mesin berganda, tentu saja jam terbang yang diperoleh cadet juga lebih tinggi dari beberapa lisensi lainnya. Untuk memperoleh peluang yang baik di dunia kerja, lisensi CPL menjadi kualifikasi yang dibutuhkan maskapai penerbangan namun akan lebih diutamakan lagi bagi calon pilot yang mempunyai lisensi MER karena dikatakan siap kerja.

Memiliki persiapan yang matang

Profesi sebagai penerbang memang sangat menarik perhatian, tak mengherankan bila banyak orang ingin menggapainya. Akan tetapi, tentunya tidak mudah untuk masuk sekolah penerbangan, kemampuan fisik dan otak harus benar-benar mendukung. Untuk menjadi seorang pilot fisik harus sehat dan bebas dari ancaman penyakit terutama yang beresiko membahayakan, baik itu kesehatan bagian luar maupun dalam.

Pengetahuan tentang dunia penerbangan juga perlu dipersiapkan dengan baik, termasuk skill bahasa Inggris yang harus fasih dan juga kemampuan untuk tes bakat terbang. Peserta yang sudah mempersiapkan diri dari jauh hari juga belum menjanjikan bisa diterima di sekolah pilot (jika masih terdapat kekurangan) apalagi yang belum memenuhi syarat seperti yang telah ditetapkan. Oleh sebab itu, tak hanya soal biaya pendidikan tetapi juga persiapan fisik dan mental serta akademik juga harus dimaksimalkan.

Untuk dapat memperoleh keberhasilan dari cita-cita yang diimpikan memang membutuhkan persiapan yang matang juga pengorbanan yang tidak sedikit. Semoga harapan dapat terwujud dengan kerja keras yang dilakukan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *